Kamis, 20 Juni 2013

Catatan Perjalanan Dinas

Selamat malam. Selamat siang. Selamat pagi.

Berdasarkan surat perintah tugas yang diterima. Hari ini diwajibkan untuk melaksanakan tugas orientasi calon hutan adat di Desa Baru Kibul, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Jangan tanya itu di mana, akan panjang ceritanya.

Areal sawah yang sudah lama tidak dibudidayakan di pinggir Hutan Adat Desa Baru Kibul


Hutan adat merupakan areal hutan yang ditetapkan oleh Bupati setelah melalui usulan dari warga/masyarakat desa berdasarkan hasil musyawarah. Kawasan hutan yang diusulkan merupakan areal penggunaan lain (APL) yang memiliki fungsi vital bagi masyarakat. Paling kentara adalah sebagai sumber mata air penduduk.
ini pohon senggeris. lihatnya dengan memerengkan kepala tentunya. (._. )

Hutan adat, sejauh ini. Merupakan areal ber-hutan yang ekosistemnya paling terjaga-selain Taman Nasional. Karena, hutan dijaga berdasarkan hukum adat, dan masyarakat di (hampir) seluruh desa di republik ini sepertinya jauh lebih taat pada hukum adat dibandingkan hukum negara. 

Kekuatan leher anda dicoba pada postingan kali ini.

Hutan adat yang kali ini disurvey, masih memiliki ekosistem alami. Dibuktikan dengan penutupan lahan yang didominasi oleh pohon-pohon besar dan beranekaragam jenis. Ada terlalu banyak pengulangan "hutan adat, ya?" abaikan saja. Saya sedang dalam kondisi lelah saat menulis. ha ha ha ha

Perjalanan menuju desa menempuh jarak sekitar 40 km dari ibukota kabupaten yang adalah tempat saya tinggal yang mana saya tinggal dengan masih menumpang pada orangtua saya. 

Kondisi jalan yang ditempuh didominasi oleh jalan berlubang dengan batu-batu seukuran kepalan tangan pria belum dewasa. Jadi butuh skill handal untuk menempuh perjalanan kali ini, dan kasihanilah pacar saya vixion, yang jadi korban "kebobrokan birokasi." (akan saya tulis diedisi berikutnya)

Demikian kisah perjalanan dinas saya kali ini. Banyak yang janggal dari tulisan ini? sengaja. Yang penting saya mulai bisa berkomitmen untuk selalu menulis. 


2 komentar:

  1. ini di daerah mana bang jem? Masih asri bangetttt :)

    BalasHapus
  2. tuh kan, gak baca alamat yang dicantumkan pada oaragraf pertama. coba di google earth dek. :)))

    BalasHapus