Senin, 01 Juli 2013

Prosesi Wisuda, Pentingkah?

Akhirnya, tanggal dan tempat wisuda sudah ditetapkan. Kamis, 4 Juli 2013. Setelah melewati proses panjang untuk mendapatkan gelar sarjana. Wisuda adalah titik puncak dari semua kegiatan sebagai mahasiswa yang sudah dijalani.Tapi, saya bahkan tidak punya ketertarikan sedikitpun untuk mengikuti wisuda. 

Mungkin terdengar aneh atau bisa jadi disebabkan saya sudah pernah mengikuti prosesi wisuda saat lulus di Program Diploma III. Saya memutuskan tidak akan ikut wisuda. Acara seremonial bagi saya cuma semacam pemborosan waktu, energi dan biaya tanpa subtansi. Karena penerapan akan gelar yang saya peroleh, bagi saya jauh lebih penting daripada cuma sekedar acara "bergesernya tali di toga," foto-foto dengan keluarga dan lain sebagainya. Biarlah, biaya yang sudah saya keluarkan untuk dan ternyata tidak mengikuti prosesi wisuda, bisa bermanfaat untuk para peserta lainnya.

Mungkin saya terlalu idealis, bisa jadi saya sudah terlalu muak dengan berbagai macam acara bersifat perayaan selama ini. Selamat wisuda kawan-kawan. Saya berbahagia untuk kita semuanya.

Jadi, pentingkah prosesi wisuda? 

Bagi saya, tidak.

2 komentar:

  1. bagi saya, penting.
    ini semacam gong tanda saya selesai.
    urusan di dalam diri, sih. :)

    BalasHapus
  2. out of mainstream, i like it

    BalasHapus